Munculnya istilah dan sistem Lesson Out di SMPIT NURUL ISLAM Boarding School Krembung
sebagai bentuk antisipasi dan jawaban perubahan dan perkembangan teknologi
informasi serta sistem transformasi budaya yang sangat luar biasa pada abad 21
ini. Menurut Susanto (2010), terdapat 7
tantangan guru di abad 21, yaitu:
(1)
Teaching
in multicultural society,
mengajar di masyarakat yang memiliki beragam budaya dengan kompetensi multi
bahasa.
(2)
Teaching
for the construction of meaning, mengajar untuk mengkonstruksi makna (konsep)
(3)
Teaching
for active learning,
mengajar untuk pembelajaran aktif
(4)
Teaching
and technology,
mengajar dan teknologi
(5)
Teaching
with new view about abilities, mengajar dengan pandangan baru mengenai kemampuan
(6)
Teaching
and choice, mengajar dan
pilihan
(7)
Teaching
and accountability,
mengajar dan akuntabilitas.
Lebih lanjut, Yahya (2010) menambahkan tantangan guru di Abad 21 yaitu:
(1)
Pendidikan
yang berfokus pada character building
(2)
Pendidikan
yang peduli perubahan iklim
(3)
Enterprenual
mindset
(4)
Membangun learning
community
(5)
Kekuatan
bersaing bukan lagi kepandaian tetapi kreativitas dan kecerdasan bertindak (hard
skills- soft skills)
Lesson Out di SMPIT NURUL ISLAM Boarding School adalah sub sistem pembelajaran yang dirancang
secara sistemik sebagai aktivitas belajar yang terencana dan berkelanjutan yang
disusun untuk membantu peserta didik mencapai dan melaksanakan tugas-tugas
perkembangan sebagai ”kader pembangunan” di abad 21. Lesson Out dapat merupakan satu unit program belajar-mengajar
yang terkecil yang secara terperinci menegaskan tujuan, topik, pokok-pokok
materi, peranan guru, alat-alat dan sumber belajar, kegiatan belajar, lembar
kerja, dan program evaluasi.
Lesson
Out disajikan dalam bentuk pembelajaran
mandiri (self instructional). Peserta
didik dapat mengatur kecepatan dan intensitas belajarnya secara mandiri. Waktu
belajar untuk menyelesaikan satu Lesson Out tidak harus sama, berbeda beberapa menit
sampai beberapa jam bahkan bulan. Lesson Out dapat digunakan secara individual atau kelompok
dalam suatu variasi urutan yang berbeda.
Lesson
Out ini meminimalisir dominasi guru atau
mengurangi tatap muka dalam proses pembelajaran. Lesson Out pada awalnya dikembangkan untuk membangun
budaya belajar mandiri pada peserta didik dalam bidang studi: Pendidikan
Kewarganegaraan, IPS, Seni Budaya dan Ketrampilan, serta Kewira Usahaan. Pada
tahap berikutnya dapat dikembangkan pada bidang studi lainnya. Lesson Out selanjutnya diharapkan bisa membangun Learning Community di sekolah maupun di luar sekolah. Lebih dari itu Lesson Out diharapkan bisa membangun peserta didik menjadi pembelajar sejati. Wallohu'alam bishowwab !
0 komentar:
Posting Komentar