MEPERTAJAM LESSON OUT DI SMPIT NURUL ISLAM


Munculnya istilah dan sistem  Lesson Out  di SMPIT NURUL ISLAM Boarding School Krembung sebagai bentuk antisipasi dan jawaban perubahan dan perkembangan teknologi informasi serta sistem transformasi budaya yang sangat luar biasa pada abad 21 ini. Menurut Susanto (2010), terdapat 7 tantangan guru di abad 21, yaitu:
(1)    Teaching in multicultural society, mengajar di masyarakat yang memiliki beragam budaya dengan kompetensi multi bahasa.
(2)    Teaching for the construction of meaning, mengajar untuk mengkonstruksi makna (konsep)
(3)    Teaching for active learning, mengajar untuk pembelajaran aktif
(4)    Teaching and technology, mengajar dan teknologi
(5)    Teaching with new view about abilities, mengajar dengan pandangan baru mengenai kemampuan
(6)    Teaching and choice, mengajar dan pilihan
(7)    Teaching and accountability, mengajar dan akuntabilitas.
Lebih lanjut, Yahya (2010) menambahkan tantangan guru di Abad 21 yaitu:
(1)    Pendidikan yang berfokus pada character building
(2)    Pendidikan yang peduli perubahan iklim
(3)    Enterprenual mindset
(4)    Membangun learning community
(5)    Kekuatan bersaing bukan lagi kepandaian tetapi kreativitas dan kecerdasan bertindak (hard skills- soft skills)
            Lesson Out  di SMPIT NURUL ISLAM Boarding School adalah sub sistem pembelajaran yang dirancang secara sistemik sebagai aktivitas belajar yang terencana dan berkelanjutan yang disusun untuk membantu peserta didik mencapai dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan sebagai ”kader pembangunan” di abad 21. Lesson Out  dapat merupakan satu unit program belajar-mengajar yang terkecil yang secara terperinci menegaskan tujuan, topik, pokok-pokok materi, peranan guru, alat-alat dan sumber belajar, kegiatan belajar, lembar kerja, dan program evaluasi.
            Lesson Out  disajikan dalam bentuk pembelajaran mandiri (self instructional). Peserta didik dapat mengatur kecepatan dan intensitas belajarnya secara mandiri. Waktu belajar untuk menyelesaikan satu Lesson Out  tidak harus sama, berbeda beberapa menit sampai beberapa jam bahkan bulan. Lesson Out  dapat digunakan secara individual atau kelompok dalam suatu variasi urutan yang berbeda.
            Lesson Out  ini meminimalisir dominasi guru atau mengurangi tatap muka dalam proses pembelajaran. Lesson Out  pada awalnya dikembangkan untuk membangun budaya belajar mandiri pada peserta didik dalam bidang studi: Pendidikan Kewarganegaraan, IPS, Seni Budaya dan Ketrampilan, serta Kewira Usahaan. Pada tahap berikutnya dapat dikembangkan pada bidang studi lainnya. Lesson Out selanjutnya diharapkan bisa membangun Learning Community di sekolah maupun di luar sekolah. Lebih dari itu Lesson Out diharapkan bisa membangun peserta didik menjadi pembelajar sejati. Wallohu'alam bishowwab !

0 komentar:

Posting Komentar