SMART for Better Life adalah arah pembinaan kepribadian
atau karakter di Nurul Islam agar hidup menjadi lebih bermakna. SMART for Better Life adalah rumusan
yang simpel untuk pembinaan kepribadian atau karakter peserta didik. Pendidikan
kepribadian atau karakter di SMPIT NURUL ISLAM dikembangkan dengan sistem Pembiasaan,
Keteladanan, dan Apresiasi SMART for Better Life.
SMART kepanjangan dari Sholeh,
Muslih, Amanah, Ramah dan Terampil.
Sholeh
Sholeh
pada umumnya berarti kebaikan yang telah ditimbang berdasarkan sosial keagamaan,
kebiasaan dan budaya masyarakat setempat, dsb. Ketika kebaikan tersebut diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat akan merasakan senang, bangga, karena
kebaikan itu sangat dirindukan kehadirannya oleh masyarakat. Aspek penilaian
sholih di SMPIT NURUL ISLAM adalah : semangat melakukan kebaikan, sholat
berjamaah dengan tertib, berdzikir dan berdoa setelah sholat, sopan-santun dan
patuh pada guru atau orang tua, biasa mengucap kalimat thoyibah, rajin membaca atau
menghafal Al Qur'an,.
Performance
(hal-hal yang dilakukan) diantaranya : sholat berjamaah di Masjid atau Mushola
terdekat dengan tertib, berdzikir dan berdoa sesudah sholat, biasa berdo’a
sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas, membaca Al Qur'an minimal satu lembar
per hari, menghafalkan A-Quran minimal satu ayat per hari, patuh kepada orang
tua dan gurunya, hormat kepada yang lebih tua dan sayang kepada yang lebih muda,
suka tolong menolong, dapat bekerja dalam tim, senang mengikuti kegiatan
keagamaan di masyarakat, dan amal shalih lainnya.
Muslih
Muslih
artinya orang yang membawa perbaikan bertujuan
untuk mengajak mengerjakan kebaikan dan menjauhi kemungkaran. Aspek penilaian
muslih di SMPIT NURUL ISLAM adalah bersegera melakukan ibadah atau kebaikan,
mengajak teman untuk ikut aktif dalam kebaikan, mandiri, berusaha memperbaiki
diri dan lingkungannya, menghindari kemungkaran, cinta tanah air dan berempati
kepada sesama.
Performance
(hal-hal yang dilakukan) diantaranya: mengajak teman-temannya untuk bersegera
wudlu dan shalat, terdengar bel masuk bersegera masuk kelas, mendahulukan yang utama, pengembalian lembar
konfirmasi (QDR) tepat waktu, mengikuti kegiatan sekolah dengan antusias, dan suka
membantu, berinfaq dalam kegiatan
mentoring (ICB), tidak melibatkan diri dalam kemunkaran, menjadi juru damai, tidak
mudah menyerah. Mempunyai kemauan dan kemampuan untuk memberikan kontribusi
dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh team (independence). Menunjukan rasa semangat yang konsisten
dengan disertai tindakan-tindakan inisiatif untuk menyelesaikan tugas dengan
hasil yang lebih optimal sesuai dengan waktu dan target yang telah disepakati (enthusiasm). Menentukan dan mengenali kekuatan dan kelemahan serta menentukan
target-taregt yang akan dilakukan (self-direction).
Amanah
Amanah
artinya benar-benar bisa dipercaya. Jika satu urusan diserahkan kepadanya,
niscaya urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Aspek penilaian dalam dimensi ini diantaranya
jujur, bertanggung jawab, mengerjakan tugas piket sesuai jadwal, mengerjakan
tugas sekolah atau guru sesuai dengan waktunya.
Performance
(hal-hal yang dilakukan) diantaranya profesional, jujur dan bertanggung jawab,
pekerja keras, bertanggung jawab atas semua perbuatannya, menyelesaikan tugas
yang diberikan kepadanya, dapat dipercaya atau diandalkan. Melakukan tugas dan
pekerjaan sesuai dengan waktu, penggunaan resources
dan prosedur yang telah disepakati serta mempunyai sense agar hasil karyanya/dirinya dapat berguna bagi orang lain (responsibility)
Ramah
Ramah
artinya baik hati dan menarik budi bahasanya, manis tutur kata dan sikapnya,
suka bergaul dan menyenangkan dalam pergaulan. Aspek penilaian dalam dimensi
ini diantaranya suka tersenyum, bertegur
sapa, ketemu atau berpisah mengucapkan salam dan berjabat tangan, sopan dalam
berpirilaku, santun dalam bertutur kata, mengucapkan salam jika bertemu teman atau
guru.
Performance
(hal-hal yang dilakukan) diantaranya menjadi pribadi yang menyenangkan, disukai
teman-temannya, senyum, sapa, salam, sopan, dan santun, menunjukan rasa
menghargai pada orang lain terhadap ide-ide, gagasan, dan karyanya (respect), Mengelola emosi, perasaan dan
perilaku sehingga tidak mengganggu orang lain serta taat pada kesepakatan-kesepakatan
yang telah dibuat (self-control), Memahami
apa yang dilakukan oleh orang lain walaupun dia tidak sependapat (tolerance), Menunjukan cara berpikir dan tindakan-tindakan yang dapat membuat
orang lain, lingkungan dan benda dapat aman dan berfungsi secara optimal (caring)
Terampil
Terampil
artinya cakap dalam menyelesaikan tugas, mampu dan cekatan. Aspek penilaian
terampil adalah kreatif, memiliki rasa
ingin tahu atau semangat belajar yang tinggi, memiliki sikap dan keterampilan
ilmiah, serta gemar membaca atau belajar, berani tampil di depan umum, mampu
mengelola diri dan waktu, cekatan, komunikatif dan teliti, disiplin dalam
segala hal
Performance-nya
antara lain memiliki ketrampilan membaca dan belajar, pembelajar, berani dan
percaya diri, dapat berkomunikasi dalam 4 bahasa (Jawa, Indonesia, Inggris, dan
Arab) di lingkungan sekolah, mampu belajar dan bekerja, menyelesaikan tugas tepat waktu,
menyampaikan gagasan secara efektif, menyelesaikan tugas pembelajaran dengan
lengkap, mempunyai hasil karya seni yang memenuhi standar seni budaya, mampu
membuat karya tulis, serta mampu berbahasa dengan baik, dan dapat membuat
resensi/laporan bacaan, menunjukan rasa ingin tahu terhadap ide-ide baru dan
mencari cara-cara yang mungkin tidak/ belum biasa (curiousity), menunjukan
cara berpikir original, elaboratif dan melihat atau mencari cara-cara baru
dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan dari berbagai segi dan
kemungkinan (creativity).
0 komentar:
Posting Komentar