BERGURU PADA MR. KALEND DI PARE - KEDIRI

Dalam Rencana Induk Pengembangan SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG di sebutkan bahwa : Secara bertahap, SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO sebaiknya menerapakan dua bahasa sebagai alat komunikasi yaitu bahasa Inggris & Indonesia sebagai pendukung untuk memperkuat skills berkomuniaksi dan berpikir. kemudian menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari semua warga sekolah. Tahapan implementasi akan melihat kondisi riil siswa di SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO. Guru dapat memperkenalkan bahasa Inggris melalui.
  • English literacy yaitu jam pelajaran bahasa Inggris yang terjadwal. Penekanan pelajaran ini adalah membiasakan siswa berkomunikasi dalam bahasa Inggris
  • Instruction. (kalimat perintah, ajakan, larangan) dari .
  • Simple and daily questions (greeting, preference)
  • Sebagian dari supported learning resources (bacaan, CD), dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa.
  • Penamaan (meja, kursi, alat-alat kantor, dst.)
  • Key words, kata-kata kunci untuk setiap tema/topik yang dipelajari
  • Activitas-activitas tertentu yang memang didisain dengan bahasa Ingris, seprti games, assembly , dll.


Pengenalan bahasa Inggris ke young learners tidak boleh memaksa sehingga mengganggu rasa percaya diri siwa utuk berlatih berkomunikasi. Dengan modeling yang terus-menerus dari guru, diharapkan siswa akan terangsang mengucapkan dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO tetap harus memperhatikan self esteem anak, rasa percaya diri dalam berkomunikaksi. Jangan sampai demi bahasa Inggris aspek-aspek tersebut dikorbankan. Bahasa tetap ditempatkan sebagai pendukung siswa untuk mengembangkan ketrampilan berpikir, belajar, bersosial dan berkomunikasi.



Subhanallah, untuk mengawali merealisasikan Rencana Induk Pengembangan di atas, maka dengan Semangat Menggelora proAktif, Rajin dan Tangguh (SMART) para guru SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG pada hari Selasa, 29 Juni 2010 pukul 06.00 wib menuju kota Pare - Kediri untuk langsung berguru pada Mr. M. Kalend O. dalam membangun komunitas bahasa Inggris di Desa Tulungrejo dan sekitarnya. Kegiatan ini langsung dipimpin oleh Drs. Toto Sunarsono Atho'illah selaku Kepala Sekolah. Dalam Kesempatan ini para guru berkesempatan bisa berdialog langsung dengan Mr. M. Kalend O. Ikut dalam rombongan "study tour" ini adalah :
  1. Ust. Asyirul Haqqi (Waka Kurikulum)
  2. Ust. M. Luqman Sudjayanto, ST (Waka Kesiswaan)
  3. Ust. Wiwin Heriyanto, S.Sos
  4. Ust. Aris Kristiono, S.Pd.
  5. Ustd. Fifin, S.Pd
  6. Ustd. Fitri, S.Pd.I
  7. Ustd. Ririn Setyoningrum
  8. Ustd. Eny Setyowati
  9. Ustd. Maisaroh, S.Sos.
  10. Nurul 'Izzatil 'Adawiyah (Alumnus SDIT Nurul Islam 2008)


Dengan berguru pada Mr. M. Kalend O. ini, Kepala SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG berharap pada para dewan guru bisa mengadop dan mengadaptasikan proses pembelajaran bahasa Inggris yang ada di BEC Pare-Kediri ke proses pembelajaran bahasa Inggris dan bidang studi lainnya yang ada di SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG. Dengan proses pembelajaran seperti yang dikembangkan di BEC PARE mudah-mudahan para siswa SMPIT NURUL ISLAM bisa menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari warga sekolah SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG.


1 komentar:

Assalamuallaikum.
Bikin kangen ma BEC ni ...

Mudah-mudahan bisa terlaksanakan.
Saya rasa, butuh kerja keras kalau ingin bisa mengadaptasikan metode BEC dengan Pelajaran di sekolah. butuh Waktu tambahan dan tenaga pengajar yang tau betul bagaiamana menjalankan metode tersebut.

http://tunaskelapa-pramuka.blogspot.com

 

Posting Komentar