SEKOLAH BARU DENGAN KONSEP ULAMA SALAF

Satu lagi lembaga pendidikan di Wilayah Kecamatan Krembung akan segera mendongkrak sistem pendidikan yang selama ini sudah eksis. Dengan semangat untuk menghadirkan sistem pendidikan alternatif dari sistem pendidikan yang selama ini ada, SMP ISLAM TERPADU (SMPIT) NURUL ISLAM KREMBUNG hadir dengan sistem pendidikan yang"integrated and holistic". Sistem yang "integrated dan holistic" ini telah terbukti berhasil dikembangkan oleh para 'ulama salaf. Dengan sistem ini pendidikan islam telah berhasil melahirkan manusia-manusia besar, seperti Ibnu Sina, Ibnu Khaldun, dll.

Dengan "integrated and holistic system" SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG mengembangkan sistem layanan pendidikan (sekolah) yang bisa diterima oleh masyarakat yang majemuk. Untuk itu SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG harus menjadi rumah belajar yang ramah bagi masyarakat majemuk Indonesia dan memberikan perhatian lebih pada ekspresi nilai-nilai Islam dalam tindakan nyata sehari-hari. SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO memberikan perhatian utama pada pembangunan karakter, kesadaran hidup bersama dan penghargaan pada makhluk ciptaan Allah sebagai ekspresi dari relasi antara manusia dengan Allah SWT, sebagaimana telah menjadi perhatian para 'ulama salaf.

Sistem pendidikan holistik dan integral akan mendukung pertumbuhan siswa di aspek pengetahuan, "skills" dan "charakter" akan mengarahkan terbentuknya generasi muda yang produktif dan lebih siap untuk berpartisipasi aktif dalam era global abad 21. Karena dengan sistem pendidikan holistik dan integral akan menumbuhkan spirit dan skills entrepreneurship sebagai bentuk partisipasi aktif dalam membangun manusia Indonesia yang utuh, produktif dan unggul. Oleh karena itu, selain materi akademis sekolah mengintegrasikan karakter, life skills dan ICT (Information Communication Technology) yang telah menjadi teknologi utama abad 21 ke dalam kurikulum pembelajaran.

Kurikulum sekolah yang bermuatan nilai-nilai Islam dan ketrampilan entrepreneurship akan membentuk generasi muda untuk lebih mandiri dan menjadi warga negara yang produktif, insya Alloh. Pendidikan entrepreneurship adalah topik penting abad 21 dan telah mendapat banyak sekali dukungan internasional untuk menjadi sebuah solusi masa depan dalam membangun kesejahteraan masyarakat. SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO berkeyakinan bahwa pendidikan entrepreneurship harus diintegrasikan ke dalam kurikulum tanpa mengurangi standar akademis yang telah ada sehingga di masa depan kita dapat membangun generasi unggul yang memiliki semangat dan daya entrepreneurship apapun profesi yang akan mereka jalani.

Lingkungan SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO yang unik dan terencana akan memberikan nilai tambah bagi proses belajar yang akan mendorong siswa untuk kreatif, gembira, mampu memberikan penghargaan pada kelestarian lingkungan dan belajar menemukan sumber-sumber ekonomi alam raya secara inovatif.

Praktek-prakek terbaik dari badan-badan pendidikan dunia atau sebuah organisasi pendidikan yang memiliki pengakuan luas di seluruh dunia
karena konsep, standar dan mutu pembelajaran yang mereka miliki.dapat menjadi referensi yang sangat berharga dalam mengembangkan pendidikan entrepreneurship di SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO.

Program pendidikan dengan wawasan entrepreneurship diwujudkan dalam bentuk yang terintergrasi dengan kurikulum sekolah sebagai ciri kurikulum pada tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO.

Kemajuan sebuah sekolah harus dapat menjadi inspirator dan model bagi sekolah lain. SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO berkomitmen menjadi sekolah yang terbuka bagi para praktisi pendidikan untuk mempelajari dan memakai hal-hal yang dianggap baik dan dapat diterapkan di-setting sekolah lain.

0 komentar:

Posting Komentar