PENDIDIKAN KARAKTER

SMPIT NURUL ISLAM KREMBUNG-SIDOARJO merupakan estafe berikutnya dari proses pengembangan SIT NURUL ISLAM KREMBUNG secara keseluruhan. Sekolah ini berencana bisa mengembangkan sampai sekolah menengah atas atau kejuaruan. Sebagaimana tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan SIT NURUL ISLAM KREMBUNG 2005 - 2025, bahwa seluruh proses pendidikan dan pembelajaran dilakukan dalam rangka membentuk 10 karakter atau muwashaffat. Sepuluh karakter itu adalah : (1) Visioner, (2) Sadar Beribadah, (3) Berkepribadian yang matang, (4) Berpengetahuan yang Luas (5) Integritas, (6) Kewirausahaan, (7) Kepemimpinan, (8) Disiplin, (9) Bugar (10) Bermanfaat bagi orang lain.

Sepuluh karakter tersebut harus mengalami proses internalisasi pada diri peserta didik atau siswa maupun para asatidz dan warga sekolah lainnya melalui proses kegiatan pembelajaran maupun seluruh kegiatan pendidikan lainnya. Secara global proses pendidikan karakter tersebut dilakukan sebagai berikut :
(1) Visioner
Karakter visioner ini dibentuk melalui proses pemahaman dan penghayatan nilai-nilai ma'rifatullah, ma'rifatul Rasul, ma'rifatul Islam, ma'rifatul Qur'an, ma'rifatul Insan, dan ma'rifatul maidan atau ijtima'iyah.
Kehiatan pembelajaran dan pendidikan termasuk kegiatan di dalam dan di luar kelas diharapkan bisa menjadi sarana internalisasi nilai. Internalisasi nilai-nilai tauhid tersebut diharapkan bisa menjadi pondasi yang kokoh, sehingga shalatnya, aktivitas ibadahnya, bahkan hidup dan matinya hanya dipersembahkan untuk Allah SWT. Dengan konsep tauhid inilah insya Allah akan membentuk pemiliknya menjadi orang yang visioner, optimis dan obsesif beramal hanya karena dan untuk Allah SWT.
(2) Sadar Beribadah
Kesadaran beribadah kepada Allah merupakan buah dari pemahaman, penghayatan, dan pengamalan dari tauhidullah. Sebagaimana menanam biji untuk tumbuh menjadi pohon sehingga berbuah dibutuhkan proses pemeliharaan secara intensif. Begitupun agar tauhidullah bisa membuahkan kesadaran beribadah dibutuhkan proses pembiasaan dalam mengamalkan tauhidullah, dalam mengerjakan perintah yang wajib maupun yang sunnah.
(3) Berkepribadian Matang
(4) Berpengetahuan Luas
(5) Integritas
(6) Kepemimpinan
(7) Kewirausahaan
(8) Disiplin
(9) Bugar
(10) Bermanfaat bagi orang lain

0 komentar:

Posting Komentar