KEPRIBADIAN ATAU KARAKTER NURUL ISLAM

SMART for Better Life adalah arah pembinaan kepribadian atau karakter di Nurul Islam agar hidup menjadi lebih bermakna. SMART for Better Life adalah rumusan yang simpel untuk pembinaan kepribadian atau karakter peserta didik. Pendidikan kepribadian atau karakter di SMPIT NURUL ISLAM dikembangkan dengan sistem Pembiasaan, Keteladanan, dan Apresiasi SMART for Better Life. SMART kepanjangan dari Sholeh, Muslih, Amanah, Ramah dan Terampil.

Sholeh
Sholeh pada umumnya berarti kebaikan yang telah ditimbang berdasarkan sosial keagamaan, kebiasaan dan budaya masyarakat setempat, dsb. Ketika kebaikan tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat akan merasakan senang, bangga, karena kebaikan itu sangat dirindukan kehadirannya oleh masyarakat. Aspek penilaian sholih di SMPIT NURUL ISLAM adalah : semangat melakukan kebaikan, sholat berjamaah dengan tertib, berdzikir dan berdoa setelah sholat, sopan-santun dan patuh pada guru atau orang tua, biasa mengucap kalimat thoyibah, rajin membaca atau menghafal Al Qur'an,.

Performance (hal-hal yang dilakukan) diantaranya : sholat berjamaah di Masjid atau Mushola terdekat dengan tertib, berdzikir dan berdoa sesudah sholat, biasa berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas, membaca Al Qur'an minimal satu lembar per hari, menghafalkan A-Quran minimal satu ayat per hari, patuh kepada orang tua dan gurunya, hormat kepada yang lebih tua dan sayang kepada yang lebih muda, suka tolong menolong, dapat bekerja dalam tim, senang mengikuti kegiatan keagamaan di masyarakat, dan amal shalih lainnya.

Muslih
Muslih artinya  orang yang membawa perbaikan bertujuan untuk mengajak mengerjakan kebaikan dan menjauhi kemungkaran. Aspek penilaian muslih di SMPIT NURUL ISLAM adalah bersegera melakukan ibadah atau kebaikan, mengajak teman untuk ikut aktif dalam kebaikan, mandiri, berusaha memperbaiki diri dan lingkungannya, menghindari kemungkaran, cinta tanah air dan berempati kepada sesama.

Performance (hal-hal yang dilakukan) diantaranya: mengajak teman-temannya untuk bersegera wudlu dan shalat, terdengar bel masuk bersegera masuk kelas,  mendahulukan yang utama, pengembalian lembar konfirmasi (QDR) tepat waktu, mengikuti kegiatan sekolah dengan antusias, dan suka membantu,  berinfaq dalam kegiatan mentoring (ICB), tidak melibatkan diri dalam kemunkaran, menjadi juru damai, tidak mudah menyerah. Mempunyai kemauan dan kemampuan untuk memberikan kontribusi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh team (independence). Menunjukan rasa semangat yang konsisten dengan disertai tindakan-tindakan inisiatif untuk menyelesaikan tugas dengan hasil yang lebih optimal sesuai dengan waktu dan target yang telah disepakati (enthusiasm). Menentukan dan mengenali kekuatan dan kelemahan serta menentukan target-taregt yang akan dilakukan (self-direction).

Amanah
Amanah artinya benar-benar bisa dipercaya. Jika satu urusan diserahkan kepadanya, niscaya urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.  Aspek penilaian dalam dimensi ini diantaranya jujur, bertanggung jawab, mengerjakan tugas piket sesuai jadwal, mengerjakan tugas sekolah atau guru sesuai dengan waktunya.

Performance (hal-hal yang dilakukan) diantaranya profesional, jujur dan bertanggung jawab, pekerja keras, bertanggung jawab atas semua perbuatannya, menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya, dapat dipercaya atau diandalkan. Melakukan tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu, penggunaan resources dan prosedur yang telah disepakati serta mempunyai sense agar hasil karyanya/dirinya dapat berguna bagi orang lain (responsibility)

Ramah
Ramah artinya baik hati dan menarik budi bahasanya, manis tutur kata dan sikapnya, suka bergaul dan menyenangkan dalam pergaulan. Aspek penilaian dalam dimensi ini diantaranya suka  tersenyum, bertegur sapa, ketemu atau berpisah mengucapkan salam dan berjabat tangan, sopan dalam berpirilaku, santun dalam bertutur kata, mengucapkan salam jika bertemu teman atau guru.

Performance (hal-hal yang dilakukan) diantaranya menjadi pribadi yang menyenangkan, disukai teman-temannya, senyum, sapa, salam, sopan, dan santun, menunjukan rasa menghargai pada orang lain terhadap ide-ide, gagasan, dan karyanya (respect), Mengelola emosi, perasaan dan perilaku sehingga tidak mengganggu orang lain serta taat pada kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat (self-control), Memahami apa yang dilakukan oleh orang lain walaupun dia tidak sependapat (tolerance), Menunjukan cara berpikir dan tindakan-tindakan yang dapat membuat orang lain, lingkungan dan benda dapat aman dan berfungsi secara optimal (caring)


Terampil
Terampil artinya cakap dalam menyelesaikan tugas, mampu dan cekatan. Aspek penilaian terampil adalah  kreatif, memiliki rasa ingin tahu atau semangat belajar yang tinggi, memiliki sikap dan keterampilan ilmiah, serta gemar membaca atau belajar, berani tampil di depan umum, mampu mengelola diri dan waktu, cekatan, komunikatif dan teliti, disiplin dalam segala hal


Performance-nya antara lain memiliki ketrampilan membaca dan belajar, pembelajar, berani dan percaya diri, dapat berkomunikasi dalam 4 bahasa (Jawa, Indonesia, Inggris, dan Arab) di lingkungan sekolah, mampu belajar dan bekerja,   menyelesaikan tugas tepat waktu, menyampaikan gagasan secara efektif, menyelesaikan tugas pembelajaran dengan lengkap, mempunyai hasil karya seni yang memenuhi standar seni budaya, mampu membuat karya tulis, serta mampu berbahasa dengan baik, dan dapat membuat resensi/laporan bacaan, menunjukan rasa ingin tahu terhadap ide-ide baru dan mencari cara-cara yang mungkin tidak/ belum biasa (curiousity), menunjukan cara berpikir original, elaboratif dan melihat atau mencari cara-cara baru dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan dari berbagai segi dan kemungkinan (creativity).

0 komentar:

Posting Komentar